Kamis, 22 Agustus 2024

Rencana Tindak Lanjut PI4

 Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Pendampingan Individu 4

 

Nama Pengajar Praktik : Sari Warsiyah, S.Pd.

Tanggal Pelaksanaan : 15-22 Agustus 2024

 

· Tujuan Pendampingan Individu

Bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:

1. Mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;

2. Memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik;

3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua;

4. Membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya

.

· Tema Pendampingan: Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran

· Fokus Pendampingan:

Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional.

Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran

 

Pada pendampingan Individu ke 4 ini, pada bagian inti aktivitas pendampingan yaitu CGP melakukan praktik mengajar pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan Kompetensi Sosial Emosional dengan berpedoman RPP berdiferensiasi KSE yang sudah direvisi oleh PP. sebelum melakukan praktik mengajar, PP melakukan Coaching pra observasi ke CGP dengan menanyakan tujuan pembelajarannya, area pengembangan yang akan dinilai serta strategi yang dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai (lampiran 4). Selanjutnya PP melakukan observasi di kelas CGP dengan penilaian sesuai rublik instrument observasi pembelajaran (lampiran 5).Kemudian selanjutnya dilakukan refleksi pembelajaran serta tindak lanjutnya (lampiran 6) kemudian CGP melakukan rencana pengembangan diri (lampiran 7).

Untuk Capaian praktik mengajar pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan Kompetensi social emosional, hampir semua CGP dapat melakukannya dengan baik meskipun ada beberapa yang harus ditingkatkan diantaranya pembelajaran  berpusat kepada murid perlu ditingkatkan karena masih ada beberapa CGP yang masih lebih dominan dari pada muridnya meskipun ada interaksi dengan murid tetapi masih terbatas. Diferensiasi konten yang dilakukan CGP ada beberapa yang perlu ditingkatkan serta ada beberapa CGP untuk diferensiasi produk yang dihasilkan murid belum terlihat.

Tetapi secara umum, praktik mengajar CGP pembelajarannya sudah tercapai tujuannya dan murid terlihat senang dan antusias terhadap pembelajaran berdiferensiasi KSE ini karena murid menjadi mengenal teknik mindfulness STOP dan hal-hal baru yang belum murid pelajari sebelumnya. Maka untuk meningkatkan kompetensi CGP dalam melakukan Supervisi Akademik terutama terhadap teman sejawat dengan berdasarkan pendampingan individu ke 4 ini, Rencana Tindak Lanjut pada pendampingan berikutnya setelah lokakarya ke 4 adalah:

1. Mengajak satu orang teman sejawat untuk dibimbing dan dicoaching .

2. Membimbing teman sejawat dalam menyusun RPP dan juga melakukan koreksi RPP yang disusun. Hasil koreksi CGP menjadi dasar perbaikan RPP oleh teman sejawat.

3. Menetapkan jadwal observasi pembelajaran, pelaksanaan observasi minimal 2 jam pelajaran dan dapat dilakukan secara daring maupun luring.

4. Melakukan coaching supervise akademik dengan melakukan coaching pra observasi, observasi pembelajaran dikelas teman sejawat, hasil catatan observasi diserahkan kepada PP pada saat Pendampingan individu 5 menggunakan instrument observasi yang ada pada pembelajaran modul 2.3.

Rencana tindak lanjut ini dapat terlaksana dengan baik jika ada kerjasama yang baik antara Kepala sekolah, CGP dan Rekan sejawat, maka diharapkan kepala sekolah, Rekan sejawat selalu memberikan dukungan dan motivasi yang selama ini selalu diberikan terhadap CGP dalam menjalani pendidikan guru penggerak ini.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan Hasil Lokakarya 7 Sari Warsiyah

  Catatan Hasil Lokakarya 7 Nama PP : Sari Warsiyah, S.Pd. Kegiatan Lokakarya 7 PGP Angkatan 7 Kabupaten Klaten Dilaksanakan tanggal 27- 28 ...