Rencana Tindak Lanjut (RTL)
Pendampingan Individu 5
Nama Pengajar Praktik : Sari Warsiyah, S.Pd.
Tanggal Pelaksanaan : 04-10 Oktober 2024
l Tujuan Pendampingan Individu
Bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:
1. Mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;
2. Memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik;
3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua;
4. Membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya
l Tema Pendampingan: Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan
l Fokus Pendampingan:
Persiapan panen hasil belajar
Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360)
Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi
Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga sekolah
l Penilaian: Refleksi CGP dan Dokumentasi pemetaan aset secara kolaboratif
Pada pendampingan Individu ke 6 ini, dengan tema pendampingan yaitu Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan. Dimana pada bagian inti aktivitas pendampingan yaitu CGP melakukan refleksi hasil survey (feedback 360), refleksi perubahan dalam pembelajaran, proses penilaian pemetaan asset dengan berdiskusi dengan CGP dan actor yang terlibat pada saat proses pemetaan asset.
Untuk Capaian refleksi hasil survey (feedback 360), hampir semua CGP dapat merefleksikan umpan balik yang diberikan oleh Kepala sekolah, rekan sejawat dan murid dengan mengetahui kompetensi yang kurang dan perlu ditingkatkan oleh CGP. Untuk capaian refleksi perubahan dalam pembelajaran selama 6 bulan, rata-rata CGP sudah mengalami perubahan dalam dirinya terutama dalam pembelajaran yang dilakukannya, yang sebelumnya berpihak kepada guru dengan mengejar materi sekarang lebih berpihak kepada murid dengan memperhatikan minat dan bakatnya. Untuk pemetaan asset, hampir semua CGP tidak mengalami kendala dalam proses pemetaannya, hanya beberapa CGP yang mengalami kendala dikarenakan aset yang dimiliki berada dalam satu tempat milik desa/yayasan, sehingga dalam pemetaannya harus saling kroscek apakah asset tersebut milik sekolah atau desa/yayasan. Sedangkan untuk persiapan panen hasil belajar, hampir semua CGP memberikan ide-ide apa saja yang akan dipamerkan pada saat panen hasil belajar di lokakarya 7.
Secara umum, Pendampingan individu 6 ini sudah tercapai tujuannya karena CGP dapat memanfaatkan pendampingan ini secara maksimal dengan cara berdiskusi dengan PP tentang hal-hal yang kurang paham sehingga mereka dapat merefleksikan serta menindaklanjuti apa yang perlu CGP perbaiki kedepannya.
Maka untuk meningkatkan kompetensi CGP berdasarkan pendampingan individu ke 6 ini, Rencana Tindak Lanjut pada pendampingan berikutnya sebenarnya sudah tidak ada, dikarenakan pendampingan individu ke 6 ini adalah pendampingan individu terakhir. Namun demikian rencana tindak lanjut tetap dilakukan terutama dalam persiapan lokakarya 6 dan 7 yaitu PP tetap konsisten dalam :
1. Memberikan motivasi kepada CGP untuk Mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi dan kolaborasi.
2. Memotivasi CGP untuk terus meningkatkan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan umpan balik yang diberikan oleh kepala sekolah, rekan sejawat dan murid.
3. Memotivasi CGP untuk selalu konsisten dalam melakukan pembelajaran yang berpihak kepada murid.
4. Memotivasi CGP untuk merancang program berdasarkan dengan kekuatan aset sumber daya sekolah yang dimiliki.
5. Pada saat lokakarya 6, CGP diminta membawa softfile yang berisi judul program, latar belakang dan tujuan program (hasil lokakarya 5), CGP diminta membawa hasil posisi diri dan rencana pengembangan kompetensi diri (hasil lokakarya orientasi dan pendampingan individu 1)
6. Pada saat lokakarya 7, CGP diminta untuk membuat PPT mengenai program sekolah terbaru dan CGP menampilkan foto aksi nyata yang sudah dilakukan selama 6 bulan ini.
Rencana tindak lanjut ini dapat terlaksana dengan baik jika ada kerjasama yang baik antara Kepala sekolah, CGP dan Rekan sejawat, maka diharapkan kepala sekolah, Rekan sejawat selalu memberikan dukungan dan motivasi yang selama ini diberikan terhadap CGP dalam menjalani pendidikan guru penggerak ini.
Demikian Rencana Tindak Lanjut yang akan saya laksanakan setelah pendampingan individu ke 6 ini, terutama dalam melakukan persiapan lokakarya 6 dan lokakarya 7. Semoga bisa terlaksana dan terealisasi sesuai dengan harapan PP dalam mendampingi CGP, agar CGP dapat menjadi Transformasi perubahan sebagai Pemimpin Pembelajaran di komunitasnya sesuai dengan tujuan Pendidikan Guru Penggerak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar